Magento

Magento 2 Modules Files Directory
Magento

Jika kita melihat saat ini, banyak orang mulai beralih berjualan dari mode offline ke online, dari pedagang kecil sampai distributor sekalipun. Banyak sekali kemudahan membuat toko online tersebut, mulai dari enabler atau ikut yang sudah tersedia misal Tokopedia, Bukalapak, Lazada dll. Tetapi kita juga bisa membuat sendiri toko online dengan mudah dengan tujuan untuk branding kita. Salah satu alternatifnya adalah menggunakan Magento.
Magento adalah salah satu platform e-commerce yang bisa kita install sendiri, custom dan integrasikan dengan pihak lain.

Magento adalah Content Management System (CMS) open source untuk mengelola/membuat situs web toko online. Magento diakuisisi oleh Adobe pada tahun 2018, dan kini berganti nama menjadi Adobe Commerce. Magento memungkinkan Anda membangun situs e-commerce dengan mudah. Tersedia berbagai fitur untuk melengkapi toko online Anda, seperti berbagai pilihan metode pembayaran, panel manajemen produk, sistem keranjang belanja, dan lain sebagainya.

Baik untuk bisnis skala kecil maupun perusahaan besar, Anda dapat membuat toko online sesuai kebutuhan dengan pilihan kontrol yang lengkap, user friendly, dan mudah digunakan. Dengan Magento/Adobe Commerce, Anda dapat dengan mudah menghubungkan pengalaman belanja lintas saluran, menambahkan merek, dan menjangkau user yang lebih luas.

Magento Eccomerce

Fitur Magento

1. Analytics and Reporting

Salah satu faktor terpenting dari situs web eCommerce adalah analitik dan pelaporannya yang tepat. Untuk membantu Anda dengan analisis menyeluruh, Magento menawarkan dukungan Google Analytics

2. Product Browsing

Didalam fitur ini tersedia banyak hal yang bisa kita set untuk memudahkan user mencari product sesuai dengan keinginanya. mulai dari warda, ukuran, jenis dan lain lain yang bisa kita setings mudah dari dalam dashboard

3. Catalog Management

Salah satu keunggulan magento adalah catalog management yang lengkap, sehingga semua yang berhubungan dengan inventory bisa mudah kita kelola

4. Customer Accounts

Magento sudah menyediakan fitur untuk mengurus masalah kustomer yang kompleks, sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi.

5. Order Management

Platform ini juga mencakup aspek proses manajemen pesanan.

Fungsinya termasuk melihat, membuat & mengedit pesanan dari panel admin, pencetakan beberapa faktur, dukungan pusat panggilan, label pengiriman, pemberitahuan email, dan umpan RSS untuk pesanan baru.

Selain itu, kustomisasi status pesanan dan memo kredit juga dapat digunakan dengan Magento.

6. Payment & Shipping

Fungsi paling penting dari situs eCommerce termasuk pembayaran dan pengiriman. Dan Magento memiliki fitur untuk menjalankan operasi ini semulus mungkin.

Magento Payment

Platform ini menggabungkan fungsi seperti checkout satu halaman, keamanan SSL lengkap, integrasi gateway pembayaran, integrasi modul pengiriman, dukungan untuk beberapa saluran pembayaran, dan banyak lagi.

Payment
Mobile money transfer. Cartoon hands holding smartphones and sending wireless payment. Vector concept online wallet mobile app for fast exchange or send payments, bills

7. Search Engine Optimization

Karena SEO adalah yang membawa visibilitas ke situs web eCommerce, Magento juga memberi Anda banyak solusi SEO.

Search Engine Optimations

Fitur SEO-nya termasuk menghasilkan peta situs Google, URL ramah SEO, menyortir pencarian populer, kompatibilitas dengan berbagai mesin pencari, istilah pencarian berbasis popularitas, atribut penyortiran pelanggan, dan banyak lagi.

Ini juga memungkinkan pemuatan lebih cepat dengan mengurangi penggunaan file .css dan .js.

8. Marketing and Promotional Tools

Anda juga mendapatkanfitur pemasaran dan promosi yang ampuh dengan Magento.

Berbagai fitur yang ditawarkan oleh platform eCommerce ini membuat pemasaran dan periklanan Anda lebih mudah.

Alat tersebut menawarkan layanan seperti penjualan atas & penjualan silang produk, harga promosi, laporan pembagian kode kupon, pemantauan penggunaan kupon, promosi produk baru, pengiriman gratis, dll.

9. Site Management

Dalam hal proses manajemen situs web, Magento luar biasa. CMS platform ini sangat cocok untuk membangun halaman/page yang kustom mulai dari desain, konten, dsb.

Fitur lain seperti perhitungan pajak, dukungan multi-bahasa & multi-mata uang, otentikasi pengguna, desain indah yang dapat disesuaikan menyederhanakan proses manajemen situs web.

About the Author

You may also like these